Cara Mencegah Terjadinya Mata Kering


Gangguan mata kering dapat terjadi karena produksi air mata yang tidak mencukupi ataupun kualitas air mata yang buruk. Air mata sendiri memang memiliki peranan penting bagi kesehatan mata. Tanpa produksi air mata yang cukup, kamu bisa terkena iritasi karena air mata tidak membasahi ataupun mencuci partikel serta kuman yang masuk ke area bola mata.

Kekeringan pada mata bisa terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal, seperti lingkungan yang kering atau ruangan ber-Ac, terlalu lama menatap layar dan masih banyak lainnya. 


Untuk mencegah terjadinya mata kering, kamu bisa menerapkan beberapa hal berikut ini:


  1. Batasi waktu menatap layar


Perlu diketahui, semakin lama kamu menatap layar monitor ataupun layar gadget, maka akan semakin besar pula risiko kamu mengalami mata kering. Jika memang kamu diharuskan untuk untuk menggunakan komputer atau lainnya dalam waktu yang lama karena tuntutan pekerjaan, maka alangkah baiknya jika kamu meluangkan waktu untuk beristirahat berkala demi membantu mengurangi ketegangan mata dan mencegah kekeringan.


Jika tidak, kamu bisa mengalihkan perhatian dari layar setiap 15 hingga 20 menit dan fokus pada sesuatu di dekatnya. Setelah itu, barulah kembalikan fokus kamu ke titik awal. Sebelum setiap transisi, kamu bisa berkedip dua sampai tiga kali untuk melumasi mata.


  1. Penuhi asupan vitamin A


Seperti yang diketahui, vitamin A memang sangat penting untuk kesehatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, kekebalan tubuh hingga memberikan perlindungan terhadap radikal bebas. Untuk menjaga produksi air mata, maka kamu sebaiknya memenuhi kebutuhan asupan vitamin A, yaa!


Nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi berbagai makanan seperti daging sapi, wortel, aprikot dan beragam sayuran berdaun hijau.


  1. Kenakan kacamata hitam


Ketika kamu akan berkegiatan di luar atau melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor, maka alangkah baiknya jika menggunakan kacamata hitam, ya! Pasalnya, kacamata berguna untuk melindungi mata dari debu dan angin yang bisa menyebabkan air mata menguap dan menjadikan mata menjadi kering.


Itulah dia cara tepat untuk mencegah mata kering yang wajib kamu ketahui. Jika kondisi mata kering sudah terlanjur menimpa kamu, maka  segeralah atasi dengan cara yang aman dan sangat mudah yaitu dengan meneteskan obat tetes mata Insto baik itu Insto Regular, Dry Eyes maupun Insto Cool Eyes Drop.


Comments